kursus mengemudi majalengka
Belajar Nyetir Mobil Matic dan Manual Bagi Pemula Secara Otodidak
Bagi beberapa orang, mengemudikan suatu mobil memang urusan yang gampang. Tinggal hidupkan mesin, dan seolah kakinya telah menyatu dengan mobil sehingga dapat meliak-liuk dijalanan tanpa rasa sulit.
Namun, untuk seorang pemula yang bahkan belum pernah menikmati dibalik steer mobil barangkali akan bertanya-tanya bagaimana metodenya menyetir mobil dengan lihai ? Untuk membalas pertanyaan itu, diartikel ini anda akan membicarakan teori mengemudi mobil baik tersebut mobil manual ataupun mobil matic.
Secara umum terdapat dua jenis mobil
1. Mobil Bertransmisi Manual
Mobil dengan transmisi M/T ini memakai perseneling mekanis yang dapat mereduksi dan mengolah perbandingan putaran mesin ketika kita geser tuasnya.
Ciri-ciri mobil ini bisa kamu lihat pada pedalnya yang berjumlah tiga biji. Satu guna gas, rem dan kopling yang terletak palimng kiri.
2. Mobil Bertransmisi Matic
Sementara mobil dengan transmisi automatic atau A/T sudah mengangkat sistem eksodus gigi secara otomatis. Sehingga anda tidak perlu mengalihkan gigi kecepatan 1, kecepatan 2 dan seterusnya. Namun bukan berarti transmisi ini tidak dilengkapi tuas pengendali.
Tuas transmisi pada mobil matic kegunaannya untuk memposisikan transmisi pada mode Netral, Mundur, Parking, dan Drive.
Ciri-cirinya, melulu ada dua pedal saja, yaitu pedal gas dan pedal rem. Sementara pedal kopling telah ditiadakan karena pun mengusung kopling otomatis.
Apa Yang Membedakan Mobil MT dan AT ?
Beda sistem transmisi, lain pula kiat mengemudikannya. Bagi beberapa orang mengemudikan mobil bertrasmisi matic lebih gampang daripada manual sebab tidak butuh mengoperasikan kopling.
Tapi sejumlah orang malah lebih menyenangi mobil manual dengan dalil power serta keiritannya.
Lantas, bagaimana teori menyetirnya ?
Dalam urusan ini anda akan membicarakan dua kiat mengemudi pada dua mobil ini. Simak baik-baik.
1. Cara mengendarai mobil manual
>Langkah kesatu yaitu siapkan kunci mobil kamu dan pastikan sebelum kamu menghidupkan mesin, rem tangan dalam posisi narik dan tuas transmisi berada pada posisi netral.
>Anda dapat menggerakan tuas kekanan dan kekiri, bilamana terbebas maka posisi telah N.
>Selanjutnya hidupkan mesin memakai kunci kontak atau tombol start/stop engine andai disediakan.
>Pada sejumlah mobil, kamu harus memasuki pedal kopling ketika akan menghidupkan mesin. Untuk tersebut saat kamu start engine, injak pun pedal koplingnya.
>Saat mesin hidup, posisikan diri kamu senyaman barangkali dan persiapkan tubuh anda supaya rebih rileks dan tenang. Hal ini supaya kita dapat mengendalikan laju kendaraan secara tenang.
>Dalam posisi pedal kopling tertekan penuh, masukan transmisi ke posisi speed 1.
>Anda dapat menggeser tuas transmisi ke posisi kecepatan satu.
>Perlu diacuhkan tiap mobil mempunyai posisi speed yang berbeda, kamu bisa melihatnya pada permukaan tuas seringkali ada peta kecepatan transmisi.
>Saat ini, posisi kamu dalam mengurangi pedal kopling dan posisi transmisi kecepatan satu, tahapan berikutnya release rem parkir. Jika rem parkir mobil kamu masih memakai tuas, lumayan angkat tidak banyak tuas rem, lantas tekan lock tuas dan rem dapat diturunkan.
>Namun bila kamu menggunakam rem parkir elektrik, kamu perlu mengurangi pedal rem sambil mengurangi tombol rem parkir. Maka rem bakal release secara otomatis.
>Jika rem parkir telah turun, bermukim selangkah lagi guna menjalankan mobil. Perlu dikenang untuk seorang pemula, dianjurkan untuk tidak memainkan pedal gas. Biarkan mesin menyala pada suasana idle tanpa penekanan pedal gas.
>Pastikan kamu sudah memegang steering wheel, lantas lepas kopling secara berlahan. Mobil bakal berjalan dengan kecepatan 2 - 5 Km/h. Saat ini kamu mobil telah dalam suasana jalan dan tugas anda ialah untuk mengendalikan arahnnya.
>Saat bakal berhenti, kamu perlu mengurangi kedua pedal yaitu pedal kopling dan pedal rem. Jangan tak sempat memposisikan tuas ke posisi Netral saat kamu selesai.
2. Cara mengendarai mobil matic
>Untuk mobil matic pun sama, pastikan situasi rem parkir terangkat lantas posisi tuas terdapat pada posisi Parking (P).
>Hidupkan mesin sambil mengurangi pedal rem. Hampir seluruh mobil matic dikobarkan dengan penekanan pedal rem.
>Selanjutnya, pisisikan tuas transmisi ke posisi D sambil mengurangi pedal rem. Tanpa mengurangi pedal rem, tuas transmisi tidak dapat dialihkan dari posisi P.
>Release rem parkir seperti teknik yang diterangkan diatas.
>Kemudian, tanpa mengurangi pedal gas, lepas pedal rem secara perlahan. Maka mobil bakal berjalan dan kamu tinggal mengendalikan kemudinya.
>Saat bakal berhenti, kamu hanya perlu mengurangi pedal rem dan Jangan lupa pun memposisikan tuas transmisi ke posisi P.
>Jika tahapan dasar diatas, sudah kamu kuasai maka selanjutnya kamu bisa memakai teknik-teknik lainya. Pembahasan lebih menyeluruh ada pada Ebook ini. yang berjudul Panduan nyetir mobil tanpa kursus.
Didalam ebook ini telah dijelaskan sejumlah teknik dasar sampai lanjutan laksana ;
Untuk mengunduhnya dapat membuka link ini.
Sekian tulisan singkat kita tentang tata teknik mengemudikan mobil guna pemula.
Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kita semua.
0 Komentar